Visa Schengen

VISA SCHENGEN –SYARAT UNTUK MASUK BENUA EROPA




Untuk orang Indonesia yang akan bepergian atau berlibur ke benua Eropa, diwajibkan untuk memiliki Visa Schengen yang dikeluarkan oleh salah satu negara eropa yang tergabung dalam Schengen Country. Adapun negara negara yang tergabung dalam Schengen Country sebagai berikut :  Austria, Belgia, Bulgaria, Swiss, Cyprus, Republik Ceko, Jerman, Denmark, Estonia, Yunani, Spanyol, Finlandia, Perancis, Kroasia, Hungaria, Irlandia, Islandia, Italia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Latvia, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Swedia, Slovenia, dan Slovakia.

Berdasarkan peraturan yang berlaku, aplikasi visa schengen kita apply di negara yang pertama kali kita singgahi atau apply di negara dengan duransi tinggal yang paling lama. Contoh :

  1. Kita akan ikut wisata halal ke 6 negara : Itali – Swiss – Jerman – Belanda – Belgia – Perancis dimana pesawat kita akan landing di kota Milan (negara Itali) dan akan kembali ke Indonesia dari kota Paris (negara Perancis) dengan masa tinggal lebih lama di Perancis, maka kita akan mengajukan aplikasi visa schengennya ke negara Italia atau Perancis.
  2. Kita akan ikut wisata halal ke 5 negara : Swiss – Perancis – Belgia – Belanda, dimana pesawat kita akan landing di kota Zurich (Swiss) dan akan kembali ke Indonesia dari kota Amsterdam (negara Belanda) dengan masa tinggal lebih lama di Belanda. Maka kita akan mengajukan aplikasi visa schengennya ke negara Swiss atau Belanda.
  3. Kita akan ikut muslim tour ke Spanyol Portugal Maroko dimana pesawat kita akan landing di kota Cassablanca (negara Maroko – bebas visa bagi WNI) dan akan kembali ke Indonesia dari kota Barcelona (negara Spanyol). Maka kita akan mengajukan aplikasi visa schengennya ke negara Spanyol.

Sebagian negara schengen telah menunjuk pihak ketiga untuk menangani pengajuan aplikasi visa ke negara mereka dengan data sebagai berikut :

  1. Visa Perancis dan Swiss di TLS CONTACT di Menara Anugrah Lantai 3, Jalan Mega Kuningan Barat, Lingkar Mega Kuningan Jakarta
  2. Visa Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Finlandia, Islandia, Italia, Kroasia, Norwegia, Swedia di VFS GLOBAL di Kuningan City Mall Lt. 1, , Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Setiabudi, Kuningan Jakarta
  3. Visa Spanyol di BLS CENTER di Palma One Building level 10 , Jl Jl H.R. Rasuna Said Kav X-2 no 4,Kuningan.,Jakarta

Untuk negara negara visa Schengen yang lain, pengajuan dilakukan langsung ke Kedutaan Besar (Embassy) di Jakarta.

TAHAP PENGAJUAN VISA SCHENGEN YANG MENGGUNAKAN PIHAK KETIGA

Atas kesepakatan dengan tamu, pihak travel agen akan menjadwalkan terlebih dahulu pada tanggal yang telah disepakati oleh tamu untuk melakukan sidik jari dan wawancara. Tamu wajib datang ke Jakarta dan tidak bisa diwakilkan. Untuk mereka yang sudah pernah melakukan sidik jari di salah satu negara Schengen, tidak perlu lagi datang ke Jakarta dan cukup dengan pengiriman dokumen persyaratan visa Schengen saja.

SYARAT VISA SCHENGEN UNTUK TURIS INDONESIA
 Untuk orang dewasa (bukan pelajar atau mahasiswa)
  1. Mengisi formulir yang disediakan (pengisian akan disiapkan oleh pihak travel)
  2. Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum keberangkatan.
  3. Fotokopi KTP, kartu keluarga, buku nikah (bila sudah menikah)
  4. Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  5. Surat keterangan kerja atau sponsor dari perusahaan atau tempat bekerja (untuk ibu rumah tangga atau pensiunan tidak perlu melampirkan surat keterangan kerja)
  6. Pas foto background putih ukuran 3.5 cm x 4.5 cm dengan 80% wajah
  7. Reservasi tiket pesawat, hotel dan itinerary akan disiapkan oleh pihak travel.
Untuk mahasiswa atau pelajar atau anak anak yang berangkat dengan orang tuanya
Syarat tambahannya : fotokopi KTP/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar dan surat keterangan dari sekolah/universitas

Visa Schengen secara umum akan selesai dalam waktu 7 hari kerja. 

Wisata Halal Dunia (WHD) Tour juga menyediakan paket tour Eropa Barat (full meals), paket tour Eropa Barat (non meals), paket tour Eropa Timur (full meals), paket tour Spanyol Maroko (full meals), paket tour Rusia (non meals) dan lain lain. 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel